Selasa, 21 Juli 2020

Mau Masak Nasi Gurih? Tambahkan Bahan Ini!

Photo by Foto T on Unsplash
Pernahkan kamu merasa bosan karena harus mengonsumsi makanan yang sama setiap harinya? Ada banyak yang variasi rasa yang dapat kamu berikan saat memasak nasi. Beberapa bahan-bahan juga mudah didapatkan. Tak jauh dari bumbu-bumbu dapur di rumah. Berikut beberapa bahan yang dapat kamu tambahkan saat memasak nasi untuk memberikan aroma dan rasa yang gurih.

1.    Bawang putih dan sedikit garam
Bahan satu ini selalu ada dalam setiap masakan. Bawang berguna untuk memberikan rasa gurih pada setiap masakan. Tak heran jika ia tak pernah absen dalam masakan basah maupun kering sekalipun. Menambahkan bawang putih dan sedikit garam akan membuat nasi terasa gurih. Bahkan, tanpa laukpun rasanya sudah nikmat disantap.
2.    Daun pandan wangi
Pandan wangi terkenal dengan aromanya yang khas. Biasa digunakan untuk memberikan aroma wangi pada masakan. Kebanyakan masakan manis seperti kolak dan semacamnya. Namun, pandan wangi juga bisa digunakan untuk memberikan aroma pada saat menanak nasi agar terasa harum dan gurih. Satu helai daun saja sudah cukup untuk mengharumkan sekali masakan.
3.    Daun salam
Tidak jauh berbeda dengan pandan wangi, daun salam juga digunakan untuk memberikan aroma dan rasa pada masakan. Pada masakan Jawa, daun salam biasa dicampurkan untuk membuat sayur yang bersantan. Kombinasi inilah yang menciptakan aroma dan rasa nagih setiap masakan.
4.    Santan
Jika dimasak dengan air biasa tentu rasa nasi akan seperti biasanya. Berbeda halnya jika air diganti dengan santan kelapa. Santan ini akan memberikan rasa kuat pada nasi. Sebagian orang mengatakan nasi yang dimasak dengan santan terasa lebih nendang. Tidak ada salahnya kamu coba tips satu ini.

Selain ditambahkan bahan-bahan diatas, perlu ketelitian juga dalam memilih beras. Beras yang berkualitas tinggi tentu akan berbeda rasanya dengan yang kualitas dibawahnya. Kamu dapat membeli beras dan kebutuhan bahan tambahan di atas melalui  Aplikasi Titipku


Previous Post
Next Post

0 komentar: