Sabtu, 04 Juli 2020

Selain Menarik, Kombinasi Warna Sayuran Bagus Penuhi Nutrisi

Photo by Nadine Primeau on Unsplash

Siapa sangka sayuran yang baik untuk nutrisi hanya sayuran berwarna hijau saja. Justru sayuran yang berwarna-warni merupakan kombinasi yang seimbang dalam membantu memenuhi nutrisi pada tubuh. Penjual sayur biasanya menyediakan berbagai macam sayuran mulai dari jenis warna hijau, merah, ungu, putih, dan orange. Masing-masing memiliki manfaat dan kadar nutrisi yang berbeda-beda.

Sebagai salah satu penyumbang nutrisi untuk tubuh, sayuran juga berperan penting dalam meningkatkan daya tahan dan juga membantu mencegah radikal bebas. Hal itulah yang sering digaung-gaungkan oleh orang-orang untuk menjaga hidup sehat dan memiliki tubuh yang bugar.

Selain unik, sajian sayuran di meja makan yang beragam tentu dapat mengundang selera tersendiri ketika hendak melahabnya. Berikut beberapa macam warna sayuran yang cocok untuk menutrisi tubuhmu terlebih di era new normal saat ini.

1.    Sayuran Hijau
Sudah tidak asing lagi tentunya dengan sayuran jenis satu ini. Sayuran yang biasanya berasal dari dedaunan ini memiliki kandungan asam folat yang bagus untuk kesehatan janin. Sehingga tak jarang banyak ibu hamil yang direkomendasikan untuk mengonsumsi sayuran hijau seperti daun katu, brokoli, sawi, bayam, kangkung dan lain sebagainya.
2.    Sayuran Putih
Nampaknya akan aneh jika melihat sayuran berwarna putih. Sekilas memang tidak menarik, akan tetapi jangan salah karena sayuran berwarna putih justru baik untuk mencegah kolesterol berlebih. Sayuran warna putih yang dapat kamu konsumsi seperti kembang kol dan  lobak.
3.    Sayuran Merah
Warna merah identik dengan rasa pedas dan terkesan kuat mendominasi warna yang lain. Selain mengandung vitamin, sayuran berwarna merah dapat membantu mencegah adanya kanker. Beberapa sayuran merah yang cocok untuk konsumsi sehari-hari antara lain tomat, paprika merah, dan juga cabai.
4.    Sayuran Ungu
Sayuran jenis satu ini mengandung antioksidan yang berfungsi melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaaan dini. Terong dan kubis ungu merupakan sayuran ungu yang dapat kamu jadikan santapan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhmu.
5.    Sayuran Kuning/ Orange
Sayuran berwarna kuning dan orange yang terdapat pada wortel atau labu kuning ini mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan mata dan juga daya tahan tubuh. Mengonsumsi sayuran berwarna kuning atau orange dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan baik dalam meregenerasi sel sel yang ada di tubuh.

Berbagai jenis sayuran diatas apabila dikombinasikan dalam satu piring dapat memberikan nutrisi seimbang dalam tubuhmu. Saat ini sayuran dapat kamu peroleh di mana saja bahkan lewat aplikasi online. Salah satunya melalui Aplikasi Titipku. Download aplikasinya sekarang juga dan nikmati berbagai pilihan sayuran dari berbagai UMKM yang tersedia di Aplikasi Titipku..

Previous Post
Next Post

0 komentar: