Jumat, 08 Mei 2020

Tips Menjaga Kebugaran Tubuh Saat Berpuasa


Image by racool_studio
Tubuh bugar adalah idaman setiap orang, bukan? Memiliki badan yang sehat selama berpuasa menjadi harapan bagi siapa saja. Untuk dapat mempertahankan kebugaran tubuh, tentu ada hal-hal yang perlu diperhatikan terutama dalam hal pola makan dan istirahat. Dalam sehari, setidaknya tubuh membutuhkan 8 gelas air untuk dapat memperlancar sistem peredaran dalam tubuh. 8 gelas air dapat dicukupi pada rentang waktu berbuka dan sahur. 1 gelas setelah adzan magrib, 1 gelas setelah sholat magrib, 1 gelas setelah makan, 1 gelas sholat isya, 1 gelas setelah sholat tarawih, 1 gelas sebelum tidur, 1 gelas bangun tidur, dan 1 gelas setelah sahur. Jika kedelapan gelas air sudah terpenuhi, tubuh akan terasa bugar dan tidak khawatir dehidrasi.

Istirahat Cukup
Selain mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, pola istirahat ternyata juga berpengaruh pada kebugaran tubuh. Setiap orang dikatakan mendapatkan istirahat yang baik apabila tidur dalam waktu 6-8 jam untuk setiap harinya. Waktu tersebut juga dapat dialokasikan untuk tidur siang dan juga tidur malam. Jika ingin mencukupi 8 jam, kamu dapat tidur selama 6 jam di malam hari dan 2 jam di siang hari. Namun, jika terpaksa hanya bisa tidur selama 6 jam, dapat dialokasikan selama 5 jam untuk tidur malam dan 1 jam untuk tidur siang. Berbagai literatur menyebutkan bahwasannya tidur siang efektif jika dilakukan selama 30 menit hingga 1 jam. Artinya, seseorang masih memiliki waktu 16 jam untuk beraktivitas. Waktu yang dapat dibilang cukup banyak tersebut dapat digunakan sebaik mungkin dalam keseharian.

Olahraga
Tidak hanya istirahat yang perlu dicukupi, namun olahraga baik latihan fisik ringan atau sekedar yoga di pagi hari nyatanya dapat turut membantu melemaskan otot-otot dalam tubuh. Setiap bangun tidur, tubuh akan terasa pegal-pegal dan otot-otot gerak terasa kaku. Maka dari itu perlu adanya pelenturan otot minimal 10 sampai 15 menit setiap harinya. Olahraga pagi seperti jogging juga bisa menjadi opsi bagi kamu yang ingin membuat tubuh menjadi bugar. Pasalnya, olahraga memiliki banyak manfaat selain menjaga kesehatan tubuh, diantaranya meningkatkan daya pikir dan meningkatkan nafsu makan.

Asupan Makan
Untuk dapat menyeimbangkan antara pola tidur dan olahraga yang cukup, asupan makan memegang peranan penting dalam hal ini. Untuk kebutuhan energi tentu makanan yang berkarbohidrat adalah kuncinya. Namun, tidak hanya karbohidrat saja yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanan seperti buah dan sayur yang banyak mengandung serat juga berguna bagi keseimbangan kalori tubuh. Bulan puasa ini, tentu akan menghabiskan banyak energi jika harus berbelanja sayur dan buah ke luar rumah. Belum lagi, bayang-bayang virus corona yang sewaktu-waktu menghampiri ketika diluar. Maka dari itu, kamu dapat melakukan belanja melalui Titipku. Titipku merupakan platform digitalisasi UMKM yang ada di Indonesia. Untuk dapat berbelanja, kamu hanya perlu mendownload Aplikasi Titipku di playstore dan nikmati kemudahan belanja di Titipku.



Previous Post
Next Post

0 komentar: