Selasa, 06 Agustus 2019

Sobat Travelers, Ini Aplikasi yang Wajib Kamu Download di Playstore

Photo by Freepik
Liburan tak lengkap rasanya jika hanya berdiam diri di rumah. Terlebih jika kamu terlalu banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan seperti bekerja 24/7. Tentunya itu akan sangat membosankan jika kamu tidak mengambil waktu liburan di luar. Chen et al. menyebutkan hasil penelitiannya yang diterbitkan dalam Journal of Travel Research bahwa aktivitas liburan dapat membantu menghilangkan stres. Menurutnya, liburan akhir pekan dapat membantu orang pulih dari stres kerja, sementara perjalanan yang lebih panjang (jauh) berpeluang memberikan pemulihan atas stres yang dialami. Sebagian orang di belahan dunia ini setuju bahwa berwisata dianggap memberikan manfaat bagi kesehatan mental dan fisik. Pendapat ini didukung kuat oleh Hobson and Dietrich dan Richards yakni para peneliti bidang pariwisata. Hal tersebut dapat dijadikan landasan bagi siapapun yang sudah suntuk dengan rutinitas kerja maupun aktivitas keseharian lainnya untuk mengambil liburan sekedar meredamkan jiwa-jiwa lelahnya. 

Berlibur nyatanya juga memerlukan media-media pendukung seperti aplikasi mobile yang dapat dijadikan sebagai semacam ‘guide’ untuk memandu arah perjalanan selanjutnya. Jika kamu para pengguna Android pasti tidak heran menjumpai betapa banyaknya aplikasi-aplikasi traveling di Playstore. Masing-masing dari aplikasi tersebut menyediakan fitur yang beragam tergantung pada kebutuhan user. Ketika kamu lupa membawa sesuatu pada saat packing barang sebelum traveling, ada saja aplikasi yang berfungsi untuk mengingatkan seluruh barang yang akan kamu bawa selama perjalanan. Terlebih jika barang tersebut adalah keperluan sepele karena seringkali dilupakan, maka kamu dapat memanfaatkan fitur yang ada dalam aplikasi ini sesuai keperluan. Selain itu, jika kamu khawatir akan pembengkakan budget selama traveling, kamu dapat memanfaatkan beberapa aplikasi yang ada untuk memberikan rekomendasi-rekomendasi pada perjalanan seperti transportasi yang kamu gunakan. Bahkan, bagi kamu yang membutuhkan assistant selama liburan, kamu dapat mengunduh aplikasi personal assistant lalu dipasang dalam smartphone. Sungguh akan sangat menarik bukan? 

Hal yang paling penting dari traveling adalah kesan. Bagaimana para travelers menikmati perjalanannya, momen apa yang dapat dibuat selama berlibur, medan seperti apa yang menantang untuk ditempuh. Pertanyaan-pertanyaan semacam itu merupakan pemicu untuk membuat liburan menjadi berkesan. Tahukah kamu bahwa kesan dapat diciptakan mulai dari hal-hal kecil disekitar kita? Ketika sobat travelers ditanya barang apa yang tidak pernah tertinggal ketika traveling, kebanyakan akan mengatakan alat komunikasi bukan? Ya benar. Telepon genggam yang saat ini sudah berevolusi menjadi smartphone merupakan item yang selalu ikut kemanapun si empunya pergi. Banyak hal yang dapat dilakukan melalui smartphone selain berkomunikasi, seperti memotret, mendengarkan musik, membuka aplikasi-aplikasi yang tersedia di playstore, bahkan menjelajah sekalipun. Nah, salah satu aktivitas yang dapat dilakukan untuk membuat kesan adalah menjelajah. Tapi jangan salah, menjelajah tidak melulu seperti ekspedisi yang dilakukan Christophorus Columbus dalam misinya untuk membuktikan bumi itu bulat, loh. Kamu juga dapat melakukan penjelajahan melalui aplikasi yang dapat diunduh melalui playstore

Titipku
Titipku merupakan salah satu aplikasi yang akan sangat mudah kamu temui di playstore. Aplikasi ini hadir untuk membantu digitalisasi UMKM yang ada di Indonesia. Titipku di desain seperti media sosial lainnya yang berisikan informasi-informasi terkait UMKM yang ada di masyarakat. Uniknya, siapapun dapat berkontribusi dalam aplikasi ini. Jika kamu menemukan UMKM, kamu dapat menuliskan cerita dan mengunggahnya dalam aplikasi ini. Melalui hal tersebut, itu artinya kamu sudah berperan membantu penjualan secara online yang akhirnya dinamakan digitalisasi UMKM. Aplikasi ini sangat disarankan bagi para travelers yang menemukan para penjual ketika sedang melancong.
Aplikasi Titipku dalam Digitalisasi UMKM

Kesan Apa yang Dapat Diciptakan melalui Titipku?
Berkunjung ke suatu tempat pasti akan menemukan beranekaragam cerita mulai dari medannya, tempat wisatanya, bahkan masyarakat di sekitarnya. Tak jauh dari itu, potensi alam yang dikembangkan di dalamnya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Kamu dapat melakukan wawancara kecil-kecilan kepada para pelaku usaha di sekitar kawasan wisata yang kamu kunjungi. Hal yang dapat kamu cari tahu seputar cerita dibalik bisnis yang sedang digeluti. Terkadang, dari mereka mengutarakan hal-hal yang membuat hati kita tergugah karena kisah inspiratifnya. Dari situlah kita tahu bagaimana perjalanan para pelaku usaha baik itu makanan, sovenir, maupun sesuatu lain yang khas dari daerah tersebut. Setelah melakukan wawancara sederhana atau dapat dikatakan mini riset, kamu dapat mengunggah ulasan risetnya dalam Aplikasi Titipku. Dari situlah bibit informasi akan tersebar dan dapat diakses oleh para penjelajah lain melalui menu jelajah yang tersedia dalam aplikasi tersebut. So, para travelers pastikan kamu mendapatkan sepenggal kisah menarik dari para pelaku usaha yang ada di sekitar wisata yang kamu datangi. Karena pada dasarnya traveling tidak hanya sekedar menikmati pemandangan yang ada tetapi juga mendapatkan esensi dibalik indahnya pemandangan.

Ayo wujudkan digitalisasi UMKM di seluruh Indonesia! Download aplikasinya sekarang juga di playstore atau langsung saja klik link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.titipku.alpha&hl=en

Sumber:
Chen et al. 2014. Tourism Experiences as a Stress Reliever. Journal of Travel Research. United Kingdom.
Previous Post
Next Post

0 komentar: