Sabtu, 17 Agustus 2019

Sering Lupa? Buah Plum Ini Dapat Meningkatkan Daya Ingatmu

Sumber: lagizi.com
Dalam proses metabolisme, otak menggunakan banyak oksigen karena aktivitas metaboliknya yang tinggi. Hal tersebut membuat otak  rentan terhadap serangan radikal bebas daripada bagian tubuh lainnya. Serangan radikal bebas pada sel-sel otak menyebabkan hilangnya memori atau seringkali kita katakan mudah lupa. Molekul yang tidak stabil seperti radikal bebas dapat ditekan oleh zat yang mengandung antioksidan. Antioksidan juga dipercaya dapat menangkal efek negatif dari stres oksidatif dan juga dapat mencegah penuaan.

Banyak sumber makanan yang mengandung antioksidan seperti buah-buahan, sayuran-sayuran, dan kacang-kacangan. Walaupun ada beberapa bahan lain seperti cokelat, teh, dan kopi yang juga mengandung antioksidan, namun buah, sayur, dan kacang lebih direkomendasikan untuk itu. Selain merupakan bahan alam yang segar, juga mudah kita temukan. 

Buah Plum merupakan salah satu buah yang mengandung antioksidan. Mesti tidak cukup terkenal di pasaran, namun buah plum memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Bahkan lebih tinggi dari anggur. Kandungan Vitamin C pada buah plum membuatnya memiliki kandungan antioksidan yang cukup kuat. Menurut hasil penelitian yang dilakukan Tomczak et al. yang diterbitkan dalam jurnal Technologia Alimentaria, kandungan antioksidan tertinggi terdapat dalam buah plum dengan kultivar Bluefre. 

Buah plum terbagi menjadi tiga kultivar diantaranya Wegierka Zwykla, Bluefre, dan Elena. Masing-masing kultivar memiliki kharakteristik dengan kandungan yang berbeda pula. Kultivar Wegierka Zwykla menghasilkan buah plum lebih kecil dibandingkan dua kultivar lainnya. Kadar antioksidan yang terkandung dalam masing-masing kultivar juga berbeda. Bluefre dinilai memiliki kandungan paling besar diantara yang lainnya. Bahkan, antioksidannya dapat mencapai 159.0 µM Trolox/gram.

Buah plum yang dikenal dengan sub genus Prunus ini berasal dari keluarga Rosaceae. Tanaman ini awalnya ditemukan di Eropa dan mudah tumbuh di sana. Namun, di wilayah tropis seperti Indonesia, tanaman ini juga dapat tumbuh terkhusus di dataran rendah. Buah plum berwarna merah sedikit ungu dan biru tergantung varietasnya. Menurut sebagian orang, buah plum dikenal dikenal dengan rasanya yang asam. Kandungan Vitamin C yang terdapat dalam buah ini cukup tinggi. 

Kandungan antioksidan dalam buah plum bermanfaat untuk kesehatan otak. Antioksidan ini dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan hilangnya memori dalam otak kita. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah plum dapat membantumu meningkatkan daya ingat yang ada di otak.

Di mana kamu dapat menemukan buah plum? Tenang, buah ini dapat kamu temui di pasar atau swalayan-swalayan lainnya. Jika kamu menemukan buah ini di pasaran, kamu dapat membagikannya kepada orang lain dengan cara menulis ulasannya melalui Aplikasi Titipku. Aplikasi ini dirancang untuk membuat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masuk pasaran online. Sehingga, orang lain akan lebih dengan mudah menemukan produk maupun jasa yang mereka cari. Ayo jadilah pahlawan digitalisasi UMKM di tempatmu!
Previous Post
Next Post

0 komentar: