Sabtu, 24 Agustus 2019

Terlalu Banyak Aktivitas? Lakukan Ini untuk Menenangkan Pikiran


Image by Pressfoto
Menjalani aktivitas sehari-hari dibutuhkan stamina yang kuat. Tidak hanya kesehatan fisik saja, namun kesehatan psikis juga sangat diperlukan untuk menjaga stabilitas kondisi tubuh. Kegiatan olahraga kecil-kecilan seperti jalan atau sekedar menggerakkan tubuh dapat dilakukan di rumah untuk mengurangi ketegangan urat-urat yang ada di tubuh selepas banyak pekerjaan yang dilakukan. Tubuh akan merasa lelah ketika terlalu banyak pikiran atau seringkali dapat dikatakan stres. Mayo Clinic mengungkapkan bahwa stres dan kecemasan dapat dikurangi dengan melakukan aktivitas yoga. Bahkan, penyakit kronis seperti jantung dan tekanan darah tinggi dapat ditekan dengan dengan rutin melakukan yoga.

Dilansir dari Medical News Today, yoga merupakan latihan pikiran dan tubuh yang telah ada sejak 5.000 tahun yang lalu yang tertulis dalam filsafat India kuno. Yoga mengkombinasikan beberapa gaya seperti postur fisik, teknik pernapasan, dan meditasi atau relaksasi. Yoga juga digunakan untuk menyampaikan pesan spiritual. Ibarat sebuah pohon, terdapat beberapa cabang dalam yoga. Antara lain 1) Hatha Yoga yakni merupakan cabang fisik dan mental yang difokuskan untuk mengungguli tubuh dan pikiran. 2) Raja Yoga melibatkan meditasi dan kepatuhan ketat terhadap kedisiplinan yang dikenal dengan “The eight limbs” dari Yoga. 3) Karma Yoga ini untuk menciptakan masa depan yang terhindar dari kenegatifan dan keegoisan. 4) Bhakti Yoga untuk mengabdi yakni cara positif untuk menyalurkan emosi dan menumbuhkan toleransi. 5) Jnana Yoga tentang kebijaksanaan, ilmuwan, dan mengembangkan kecerdasan melalui studi. 6) Tantra Yoga merupakan ritual, upacara, atau penyempurnaan hubungan. Dari keenam cabang yoga tersebut tentunya memiliki teknik masing-masing. Tergantung mana yang akan digunakan.

Terlalu larut dalam aktivitas keseharian tidak menutup kemungkinan akan memunculkan rasa bosan. Jika kamu salah satu dari mereka yang mudah tertekan ditengah banyaknya urusan, maka kamu perlu mencoba aktivitas satu ini untuk menenangkan pikiranmu. Barangkali yoga merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini.

Image by Tirachardz
Lakukan Yoga Setiap Bangun Tidur di Pagi Hari
Bangun tidur di pagi hari adalah waktu yang tepat untuk membuat tubuh menjadi bugar kembali. Banyaknya aktivitas akan membuat badan terasa sakit terlebih ketika kamu bangun dari tidur. Lalu bagaimana agar tubuhmu tidak terasa lelah saat bagun tidur? Sebagaimana dikutip dari Health and Yoga, ketika bangun tidur terlebih dalam keadaan perut kosong dapat menjadi waktu yang tepat untuk melakukan olahraga ringan seperti Yoga. Olahraga ini tidak mengkombinasikan antara fisik dan psikis. Yoga juga dipercaya dapat membuat pikiran menjadi tenang dan tubuh menjadi bugar. Kamu juga bisa mandi terlebih dahulu sebelum melakukan yoga agar tubuhmu semakin segar di pagi hari itu.

Yoga Sore Hari Sebelum Waktu Terbenamnya Matahari
Selain pagi hari, ternyata waktu menjelang terbenamnya matahari juga cocok untuk melakukan yoga. Walaupun sebagian besar orang memilih untuk melakukannya di pagi hari karena udaranya juga masih segar, ternyata ada beberapa sumber yang memberikan alternatif waktu yang tepat untuk melakukan yoga. Minimal 3 jam setelah makan siang baru kamu dapat melakukan yoga di sore hari. Hal terpenting dalam melakukan proses ini adalah hindari keadaan mengantuk dan perut penuh yakni setelah makan. Karena gangguan tersebut akan membuat tubuh sulit memasuki alam relaksasi.

Cari Tempat Terbuka dan Natural Ketika Sedang Yoga
Pernapasan merupakan elemen yang perlu diperhatikan ketika yoga. Masuknya udara melalui hidung akan mempengaruhi kondisi seseorang. Udara segar yang terhirup akan jauh lebih membuat tubuh menjadi bugar daripada udara yang bercampur dengan polusi-polusi di sekitar. Mencari tempat yang sejuk dengan nuansa natural seperti dikelilingi oleh pepohonan yang rindang, gemericik air, dan suara kicauan burung adalah tempat yang direkomendasikan bagi kamu yang sedang melakukan yoga. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Brighton and Sussex Medical School, suara alam dapat menciptakan suasana rileks pada tubuh terlebih yang disebabkan oleh tekanan psikologis. Hal ini karena adanya peningkatan respon parasimpatis yang membuat tubuh merasa rileks dan berfungsi normal atau seringkali disebut rest-digest respon.

Terlepas dari kedua waktu diatas, yoga dapat dilakukan setiap saat. Hal ini tergantung dengan kondisi jiwa maupun tubuh seseorang. Ketika ingin melakukan relaksasi di siang ataupun malam hari maka tetap lakukanlah. Karena pada dasarnya latihan yoga ini merupakan latihan untuk meningkatkan spiritual dan  kesadaran.

Kamu juga dapat menambahkan wangi-wangian aroma terapi di sekitar tempat yoga. Aroma tersebut dapat menambah kebutuhan relaksasi selama proses yoga berlangsung. Jika kamu menemukan tempat-tempat penjualan minyak aroma terapi, kamu dapat menuliskan ulasan tempat dan produk yang dijual melalui Aplikasi Titipku. Aplikasi ini membantu proses digitalisasi UMKM. Dengan begitu kamu sudah membantu memasarkan produk aroma terapi melalui portal digital dari Titipku.
Previous Post
Next Post

0 komentar: