Kamis, 09 Januari 2020

Punya Barang Unik? Perhatikan Cara Merawatnya

Image by shell ghostcage by Pixabay

Pernahkan kamu pergi ke suatu tempat dan menemukan barang yang unik buatan masyarakat setempat? Atau kamu punya barang-barang yang klasik yang menarik lalu seakan tidak terawat dan terabaikan begitu saja di rumah. Tentunya barang-barang unik terlebih barang klasik memiliki nilai tersendiri. Baik dari segi bentuk atau tampilan, mapunun dari cerita yang melatarbelakanginya atau nilai filosofisnya. Esensi dari barang itu sudah seharusnya dirawat agar dapat bertahan lama tentunya.

Jika kamu punya barang-barang antik yang terbuat dari kuningan atau tembaga pastikan kamu paham bagaimana memperlakukan kedua bahan tersebut. Sebelum lanjut ke pembahasan berikutnya, tahukah kamu perbedaan kuningan dan tembaga? Walaupun secara fisik nampak sama, tentunya kualitas diantara keduanya berbeda. Barang-barang yang berbahan tembaga akan lebih awet daripada barang yang hanya berlapiskan kuningan. Bagi yang sudah terbiasa pasti sudah paham perbedaan keduanya. Bagi orang awam, dapat mencoba mengeceknya dengan bantuan magnet. Apabila magnet tersebut menempel, maka lapisan yang digunakan adalah kuningan. Karena magnet tidak akan menempel pada benda-benda berbahan tembaga.

Agar terlihat menarik dan nampak baru, kamu perlu membersihkan dan menjaganya tetap mengkilap. Perlu disadari bahwa perawatan tembaga atau kuningan memerlukan cara-cara khusus. Untuk  barang yang terbuat dari kuningan, membersihkannya tidak sulit. Cukup dengan menyiapkan sabun cair, air hangat, dan lap. Kotoran-kotoran yang menempel pada kuningan akan terkelupas ketika kita mencucinya dengan sabun cair dan membilasnya. Bahkan, terkadang cukup dengan dilap pakai kain saja sudah nampak mengkilap.

Berbeda halnya dengan perawatan pada kuningan. Tembaga ini memerlukan cara yang sedikit ribet jika dibandingkan dengan kuningan. Selain menyediakan air, dan lap, kamu perlu menyediakan lemon dan juga garam. Caranya memberihkannya dengan menggosok-gosokkan lemon yang sudah dicampurkan dengan garam ke permukaan tembaga tersebut. Selain lemon, tepung terigu dan cuka juga dapat membantu membuat tembaga menjadi lebih mengkilap. Caranya sama, cukup dengan menggosok lalu membilasnya dengan air bersih dan mengeringkannya dengan lap atau bahan lain semacamnya.

Jika kamu tidak punya waktu luang untuk mencari dan mengumpulkan bahan-bahan yang digunakan untuk membersihkan barang-barang antikmu, kamu dapat lari ke toko terdekat dan membeli produk pembersih yang lebih praktis. Sebagai bangsa yang cinta akan produk lokal, maka ada baiknya jika kamu memebeli bahan-bahan lokal untuk kamu gunakan sebagai permbersih barang antikmu itu.

Barang-barang lokal dapat kamu temukan di pasar-pasar maupun secar online melalui Aplikasi Titipku. Aplikasi ini menyediakan berbagai barang kebutuhan pembersih tembaga atau kuningan. Ayo cintai produk lokal dan cintai aplikasi penggerak produk lokal Indonesia melalui Aplikasi Titipku!
Previous Post
Next Post

0 komentar: