Jumat, 29 November 2019

Tips Memilih Bumbu Dapur Saat Berbelanja

Image by Raffapedia

Setiap hari, pasar ramai dikunjungi para kaum hawa yang asyik mencari berbagai bahan makanan untuk dimasak. Tak ketinggalan juga seperangkat bumbu dan kelengkapannya. Bumbu dapur erat kaitannya dengan rempah-rempah nusantara. Masing-masing daerah memang mempunyai ciri khas rempahnya yang melimpah. Sebagai bumbu dapur, rempah tentunya akan bertahan lama jika benar cara menyimpannya. Tidak hanya itu, sebelum penyimpanan tentunya juga diperlukan kejelian dalam memilih rempah-rempah yang dijual di pasaran. Hal ini untuk mengantisipasi cacat rempah pada bumbu yang akan kita gunakan nantinya.

Bumbu dapur yang disediakan di pasaran cukup beragam. Bahkan, jika kita belanja di pasar tradisional khususnya, akan banyak kita dapati bumbu-bumbu yang dijajakan hingga bertumpuk-tumpuk. Cara penataan bumbu dapur terlebih untuk rempah asli harus menjadi perhatian para pembeli. Rempah yang berada di bagian paling bawah tentunya rentan akan kerusakan. Begitu pula rempah yang dibiarkan terpapar sinar matahari tentunya akan layu dan bisa berakibat pada kerusakan juga.

Berikut beberapa hal yang dapat kamu pertimbangkan ketika berbelanja rempah di pasar,
1.      Tidak terpapar Sinar Matahari
Pasar tradisional cenderung lebih terbuka baik dari segi tempatnya termasuk sarana dan prasarana, maupun kondisi sosial para pedagang dan pembelinya. Hal ini menyebabkan banyak dagangan yang dijual mudah terpapar sinar matahari secara langsung. Maka dari itu, yang perlu diperhatikan adalah ketahanan rempah itu sendiri. Apakah ia cukup mampu untuk bertahan di bawah panasnya sinar matahari dan udara bebas, atau malah sebaliknya. Menurut hasil pengamatan di lapangan, bumbu dapur meliputi rempah-rempah akan lebih bagus jika tidak terpapar matahari langsung. Sehingga kualitas rempah tetap terjaga karena berada pada tempat yang memang cocok.

2.      Tidak Tertimbun Rempah Lain
Hal ini seringkali terjadi karena memang banyaknya dagangan yang di pasarkan pada waktu berjualan di pasar. Tak jarang pula banyak didapati rempah-rempah yang rusak-rusak bukan karena faktor alam melainkan karena gesekan-gesekan dengan rempah lain. Hal tersebut tentunya dapat merugikan kedua belah pihak, baik penjual maupun pembeli. Oleh karena itu, perlulah kiranya para calon pembeli untuk mempertimbangkan barang-barang yang sudah rusak atau bahkan mudah rusak untuk kedepannya.

3.      Kondisi Baik
Barang yang dari awal dalam kondisi baik memang harus diperhatikan dan di rawat sebagaimana mestinya. Begitupun dengan rempah-rempah yang notabenya digunakan sebagai bumbau dapur oleh kalanga ibu-ibu rumahan. Perhatian terhadap barang perlu ditingkatkan lagi untuk mengantisipasi barang-barang yang tidak sesuai bahkan merugikan.



Selain tips-tips menarik, tentunya ada barang-barang menarik yang harus kamu cek di Aplikasi Titipku. Aplikasi ini menyediakan berbagai produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masyarakat. Yuk kunjungi Titipku!


Previous Post
Next Post

0 komentar: