Jumat, 30 Agustus 2019

Rahasia Dibalik Telur Rebus Setengah Matang

Image by v.ivash
Faktanya, tubuh membutuhkan asupan makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Tak bisa dipungkiri pula terkadang para omnivora ini makan sembarang makanan tanpa memikirkan kandungan nutrisi yang ada dalam makanan tersebut. Semua itu tidak menjadi masalah jika mengetahui batasan-batasan yang ada karena pada dasarnya semua mempunyai porsi masing-masing. Apakah kamu salah satu diantara mereka yang suka mencicipi aneka kuliner tanpa memperhatikan kandungan nutrisi di dalamnya? Jika begitu, kamu perlu tahu makanan-makanan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi untuk tubuhmu.

Protein merupakan sumber energi yang berperan penting dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan memoproduksi sel baru. Daging, seafood, telur, brokoli, susu, keju, dan aneka kacang-kacangan adalah sumber protein terbesar yang mudah kamu temui. Kebutuhan protein dan zat-zat penting lainnya dalam tubuh perlu dicukupi dalam kesehariannya. Salah satu makanan yang mengandung protein hewani yang cocok untuk mencukupi kebutuhanmu adalah telur. Menurut Trouw Nutrition Indonesia,  kadar protein pada telur ayam mencapai 14%. Pada setiap butir telur mengandung 8 gram protein dengan kandungan asam amino yang lengkap. Sehingga protein telur mempunyai 100% lebih tinggi nilai biologisnya dibandingakan dengan protein yang ada pada daging yakni sekitar 84%. 

Tidakkah itu cukup menakjubkan? Tak heran jika orang berbondong-bondong untuk mengonsumi telur mengingat kandungan yang ada begitu menggiurkan. Namun, perlu kamu ketahui bahwasannya untuk mendapatkan kandungan telur seperti yang ada di hasil risetnya, cara pemasakannyapun juga harus di perhatikan. Apabila salah menambahkan bumbu atau rempah lain dalam memasak itu bisa berakibat pada perubahan kandungan dari telur itu sendiri.

Untuk menjaga kandungan telur tetap utuh, perebusan merupakan teknik terbaik dalam mengolah telur. Telur yang direbus tanpa menggunakan bumbu dan rempah tambahan ini memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan. Berbeda halnya dengan telur yang dimasak dengan digoreng, minyak yang digunakan untuk menggoreng dapat menambahkan kolesterol pada telur. Sehingga, sangat direkomendasikan untuk memasak telur dengan cara di rebus agar kadar protein dan kandungan lainnya tidak berubah jauh dari semula. Bahkan, telur rebus setengah matang ternyata memiliki kandungan lebih untuk kebutuhan nutrisi tubuh. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut.

Telur Merupakan Sumber Karbohidrat
Selain terkenal dengan kandungan protein yang tinggi, telur ternyata juga mengenyangkan. Hal ini karena telur mengandung karbohidrat yang baik untuk tubuh. Seperti yang dipublikasikan oleh Nutritions and Food Science, energi yang terkandung dalam telur sebesar 151 kcal per 100 gram telur. Sedangkan telur rebus mengandung energi sebesar 147 kcal. Karbohidrat yang terkandung dalam satu butir telur rebus mencapai 100 gram. Besarnya energi yang terdapat dalam telur rebus mampu membantu memenuhi kebutuhan energi pada tubuh. Sehingga, telur rebus dapat dijadikan sebagai alternatif makanan ketika kamu tidak sedang ingin makan nasi atau sumber karbohidrat lainnya.
Image by bogorupdate.com

Cocok sebagai Makanan Diet
Siapa yang tak menginginkan tubuh ideal? Terlebih jika kamu seorang yang sering tampil di depan publik seperti model dan semacamnya tentunya akan menjaga penampilan semenarik mungkin sehingga nyaman untuk dilihat di depan layar kaca. Tidak perlu khawatir, hal itu bisa kamu siasati dengan mengkonsumsi telur rebus. Telur cocok kamu jadikan menu spesial untuk membantu mengontrol berat badan. Telur untuk diet dapat di makan pada jam-jam tertentu seperti jam sarapan pagi sebagai pengganti makanan berat yang mengandung karbohidrat lainnya. Jurnal Kesehatan, Nutrients melansir kandungan yang ada di dalam telur setidaknya terdapat 18 vitamin dan mineral. Hal itu dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.
Image by Jcomp

Menjaga Kesehatan Mata
Biasanya asupan yang dibutuhkan oleh mata diperoleh dari sayur seperti wortel. Namun, ternyata telur dapat membantu menjaga kesehatan mata. Hal ini berkat fungsi kuning telur. Nutritrional Properties and Health Benefit of Eggs mendapati kuning telur mengandung antioksidan, lutein dan zeaxanthin yang berfungsi untuk kesehatan retina. Menurut hasil studi yang dilakukan, mengonsumsi 1.3 kuning telur setiap hari selama 4 minggu dapat meningkatkan plasma lutein sebesar 50% dan zeaxanthin sebesar 114%. Pada intinya, konsumsi telur dapat mencegah Age-Related Macular Degeneration (ARMD) yang disebabkan oleh usia atau karena penuaan. 

Di mana kamu biasa membeli telur untuk memenuhi kebutuhan asupanmu setiap hari? Kamu dapat menuliskan informasi seputar penjual telur yang kamu temui melalui Aplikasi Titipku. Aplikasi ini menyediakan fitur Jelajah yang berfungsi sebagai wadah untuk berbagi informasi seputar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Indonesia. Melalui aplikasi ini kamu sudah berusaha untuk membantu proses digitalisasi UMKM yang dilakukan oleh masyarakat. Dengan demikian, proses pemasaran produk akan meningkat dan mampu menembus pasaran yang lebih luas. Bagaimana caranya untuk bergabung? Cukup mudah. Kamu hanya perlu mendownload aplikasinya melalui Playstore yang ada di Androidmu atau klik link berikut maka kamu sudah bisa menggunakan aplikasinya. 

Ayo dukung perkembangan UMKM yang ada di Indonesia melalui Aplikasi Titipku!
Previous Post
Next Post

0 komentar: