Selasa, 14 April 2020

Seberapa Efektif Hand Sanitizer untuk Usir Bakteri?


Image by prostooleh

Kesehatan merupakan hal utama yang perlu kita jaga. Dengan memiliki tubuh yang sehat, tentu akan memudahkan kita dalam melakukan berbagai aktivitas. Kesehatan  tidak hanya dipengaruhi oleh imunitas tubuh kita, namun juga lingkungan sekitar. Oleh karena itu, kita perlu menjaga kebersihan agar bakteri maupun virus yang berada di sekeliling kita tidak dapat menembus masuk dalam tubuh.

Seiring adanya pandemi Covid-19, pemerintah telah melakukan berbagai upaya termasuk himbauan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan. Salah satunya dengan rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Cuci tangan ini dirasa mampu menghilangkan bakteri-bakteri yang menempel pada tangan. Tekniknyapun ada sendiri, diawali dengan membasuh telapak tangan yang diberi sabun kemudian menggosok-gosokkan sampai busanya keluar, lalu dilanjutkan dengan punggung tangan, celah jari-jari hingga ibu jari. Busa harus merata ke seluruh permukaan tangan. Barulah dibilas dengan air bersih yang mengalir.

Bagaimana Jika Tidak Ada Air?
Dewasa ini banyak ditemukan produk-produk antiseptik  yang beredar di pasaran. Antiseptik berfungsi untuk membantu menghilangkan bakteri yang menempel pada tangan dan bagian tubuh lainnya. Antiseptik tersedia dalam bentuk gel maupun cair atau spray. Produk-produk antis tersebut biasa dikenal dengan hand sanitizer. Selain praktis, produk-produk ini dapat dibawa kemanapun kita pergi. Jadi, tidak perlu khawatir jika tidak menemukan air untuk membersihakan bakteri yang ada pada tangan. Cukup dengan membeli antiseptik dan membawanya kemanapun kamu pergi akan lebih memudahkan kamu dalam menjaga kebersihan.

Efektivitas Hand Sanitizer Bunuh Bakteri
Dikutip melalui Journal of Pharmaceutical Science and Clinical Research, hand sanitizer merupakan zat antiseptik yang mengandung zat aktif berupa alkohol dan bahan antimikroba lain yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri Gram positif (Staphylococcus aureus) dan Gram negatif (Escherichia coli) pada tangan. Kedua bakteri tersebut secara alami akan tumbuh pada tubuh dan kulit manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penggunaan hand sanitizer pada telapak tangan akan menurunkan jumlah koloni bakteri pada rentang waktu 0 hingga 12 menit.

Hand sanitizer memang mudah untuk diproduksi sendiri. Namun, tentu kamu harus memperhatikan komposisi racikan agar tetap memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).  Jika khawatir home made hand sanitizer yang kamu buat tidak sesuai standar WHO, kamu dapat membelinya melalui Aplikasi Titipku. Terdapat banyak toko yang menjual antiseptik seperti hand sanitizer dalam berbagai kemasan. Untuk memudahkan belanja, kamu cukup pilih lokasi terdekat dengan tempat kamu tinggal. Walaupun #DiRumahAja kamu tetap dapat #BelanjaDariRumah melalui Titipku.
Previous Post
Next Post

0 komentar: