Senin, 07 Oktober 2019

Cara Menikmati Pisang Ijo Khas Makassar


Image by Arta on Medium
Kuliner menjadi sektor bisnis yang menyumbang banyak pendapatan bagi ekonomi kreatif di Indonesia. Menurut hasil survei dari kadata.co.id, sebanyak 40% atau sekitar Rp400 triliun Pendapatan Domestik Bruto (PDP) disumbang oleh bisnis kuliner di Tanah Air. Besarnya peluang di bidang kuliner perlu menjadi pertimbangan bagi para pelaku bisnis dalam pengembangan dan pemasaran olahan. Salah satu kuliner yang menggiurkan lidah para pelancong adalah kuliner nusantara.

Nusantara memiliki banyak makanan khas tradisional dan memiliki cita rasa yang tidak diragukan lagi. Seringkali ditemukan pula para penjual kuliner baik dalam skala besar maupun kecil sekalipun. Bisnis-bisnis kecil tersebut patut dikembangkan terlebih untuk mengangkat potensi lokal masing-masing daerah di wilayah Indonesia. Kuliner nusantara menjadi mata tombak daya tarik wisatawan di samping potensi wisata alam yang ada. Bahkan, objek wisata dan sektor kuliner merupakan dua aspek yang saling melengkapi. Di mana ada destinasi wisata, pasti akan ada pula kuliner sebagai pelengkap destinasi tersebut.

Makassar menjadi destinasi wisata yang terkenal dengan kuliner khasnya. Wilayah yang berlokasikan di pulau Sulawesi, tepatnya di Provinsi Sulawesi Selatan ini dikelilingi oleh laut. Letak yang strategis itulah akhirnya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. 

Pernahkan kamu mencicipi santapan khas makassar pisang ijo? Bagaimana kamu biasa menikmatinya? Ya tentu ada banyak cara untuk membuat kuliner satu ini terasa lebih nikmat. Pisang ijo merupakan salah satu makanan khas daerah Makassar. Sesuai dengan namanya, santapan ini terbuat dari perpaduan pisang biasanya pisang raja atau pisang kepok dan dibalut dengan tepung. Tepung yang digunakan ada dua macam, yakni tepung terigu dan tepung beras. Cara masaknya juga mudah, cukup siapkan pisang dan adonan tepung. Masukkan pisang dalam adonan lalu kukus. Setelah itu kita sajikan dengan dipotong kecil-kecil menyesuaikan bentuk pisang. Disamping itu, pisang ijo dilengkapi dengan saus berbahan dasar santan kelapa. Hal ini digunakan untuk menambah cita rasa dari kulit pisang ijo yang terbuat dari adonan tepung.

Tidak cukup sampai disitu saja, pisang ijo juga dapat divariasikan kedalam berbagai sajian. Salah satunya dengan menambahkan inovasi pada saus atau topping pisang ijo itu sendiri. Sirup, es batu, dan susu kental manis merupakan tiga kombinasi bahan yang pas untuk dijadikan pelengkap sajian pisang ijo. Cukup taburkan bahan tersebut sebagai topping dan pastikan es batu dapat menjangkau semua bagian dari sajian tersebut. Hmm, mudah bukan? Dengan berbekalkan tiga bahan tersebut, kamu dapat mencicipi pisang ijo dengan lebih nikmat.

Apa makanan favorit kalian? Yuk cek list kuliner kesukaanmu di Aplikasi Titipku. Download aplikasinya lalu cari makanan yang pas di lidahmu. Kamu juga dapat melakukan transaksi melalui aplikasi ini. Titipku menyediakan fitur Jatiper. Jadi buat kamu yang ingin order barang lewat Titipku tidak perlu khawatir. Jatiper ini akan mengantarkan barang pesananmu. Untuk pengiriman luar kota akan dilakukan melalui ekspedisi. Sangat mudah, bukan? Yuk belanja di Titipku. Hemat waktu, harga pas di saku!
Previous Post
Next Post

0 komentar: