Selasa, 22 Oktober 2019

Beda Bahan Beda Perlakuan, Perhatikan Cara Mencucinya


Image by Freepik

Tidak semua jenis kain dapat diperlakukan sama dalam hal perawatannya. Sebut saja batik. Hingga saat ini batik masih menjadi kain pilihan untuk menghadiri acara formal. Kualitas batik memang dapat dipengaruhi oleh teknik pembuatannya, tidak hanya bahan kainnya saja. namun, bahan kain yang digunakan juga akan berpengaruh pada teknik yang akan digunakan dalam proses pembuatannya. Kain yang bagus dipadukan dengan teknik yang sesuai tentunya akan menghasilkan kualitas batik yang unggul tidak hanya dari segi bahan tapi juga model dan kadar kelembutan motif. Berbeda halnya dengan kain yang bagus namun hanya dipakaikan untuk teknik cap, nilainya tidak sebanding ketika menggunakan teknik tulis. Terlepas dari itu, seperti apapun teknik pembuatannya, kain tersebut memerlukan perlakuan yang sesuai ketika kita hendak mencucinya.

Banyak kita temukan kain-kain yang lembut bak sutera, tipis seperti tisu, kasar, tebal, licin, dan aneka kharakteristik bahan pakaian lainnya. Sekilas seperti tidak ada pengaruhnya bagaimana kita mencucinya. Namun, salah metode pencucian juga dapat merusak kualitas bahan kain yang notabenya bagus. Hal utama yang perlu menjadi perhatian adalah jenis bahan kain tersebut. Perlulah kita mengenali untuk setiap jenis kain. Terkadang ada kain yang usai dicuci malah mengalami semacam penyusutan atau pengerutan. Sehingga yang ada kain tersebut seperti misal baju, maka akan nampak lebih kecil dari sebelum pencucian. Bahkan, ada juga bahan-bahan kain yang memudar warnanya ketika dicuci. Kita sering menyebutnya sebagai kain yang mudah luntur. Hal itu akan sangat disayangkan ketika kita mencuci kain yang luntur bersamaan dengan kain lainnya. Bisa jadi kain lainnya akan terkena imbas dari kain yang luntur itu tadi.

Deterjen dan aneka pencuci kain lainnya juga berpengaruh terhadap jenis kain yang akan dicuci. Tidak semua kain dapat dicuci dengan detergen yang sama. Bahkan ada kain yang hanya bisa dicuci dengan sampo. Itupun produk sampo tertentu pula. Oleh karena itu, sebagai pemilik yang bijak, kita harus peduli dan mengenali dengan jeli untuk setiap kain yang akan kita cuci. Jangan sampai kain bagus malah jadi rusak akibat salah teknik mencucinya. Selain itu, perlu dipahami juga ada beberapa kain yang tidak bisa dicuci dengan mesin cuci. Melainkan harus dengan cuci tangan manual. Selebihnya, masih ada lagi jenis-jenis kain yang tidak dianjurkan dicuci dengan disikat. Hanya bisa diperlakukan dengan dikucek dengan lembut kemudian dibilas.

Apapun jenis bahan kain yang kamu miliki, selalu perhatikan bagaimana metode pencucian yang sesuai dengan bahan kain tersebut. Kamu dapat memilih kain maupun detergen di toko-toko terdekat atau cukup dengan pesan online melalui Aplikasi Titipku. Aplikasi ini menyediakan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)  yang ada di Indonesia. Ayo belanja di Titipku!
Previous Post
Next Post

0 komentar: