Sabtu, 19 Oktober 2019

Sekecil Apapun Hasil Karyamu, Itu adalah Salah Satu Peluang

Image by Freepik

Ungkapan “usaha memang tidak mengkhianati hasil” memang benar begitu adanya. Hampir semua orang mengatakan barangsiapa yang berusaha pastilah akan menuai hasil sebagaimana usaha yang dia lakukan. Disini terjadi titik keseimbangan antara usaha dan hasil yang diperoleh. Begitu halnya dengan sebuah karya. Salah satu indikator suatu karya dikatakan bagus karena dia mendapat apresiasi dari banyak orang. Namun, bukan berarti karya yang tidak mendapatkan perhatian lebih dari orang lain berarti karya yang tidak bagus. Nilai sebuah karya memang tidak bisa kita generalkan. Terdapat subjektifitas dalam melihat sebuah hasil karya.

Kerajinan adalah contoh kongkret dari sebuah karya yang diciptakan. Membuat suatu kerajinan membutuhkan ketelatenan dan keuletan tersendiri. Bagaimana tidak, kita pasti akan disibukkan dengan berbagai pola yang membutuhkan teknik-teknik tertentu untuk membentuknya menjadi sebuah karya. Berbeda teknik berbeda pula waktu yang digunakan untuk mengerjakannya. Sehinga tidak heran bila sering kita jumpati kerajinan tangan yang membutuhkan waktu cukup lama untuk satu kali pengerjaannya. Keuletan, ketelatenan merupakan kata yang cocok untuk mewakili kegiatan para pengrajin.

Kerajinan dapat menjadi pundi-pundi penghasilan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Fenomena yang ada di lapangan, banyak tersebar bisnis kerajinan yang dapat menjadi andalan suatu daerah. Bahkan, produk-produk yang dihasilkan seringkali dilabel sebagai produk lokal khas daerah tersebut. Itulah yang  kemudian menjadikan produk-produk kerajinan buatan masyarakat setempat akan ramai di pasaran. Terlebih jika tempat produksi merupakan salah satu destinasi wisata. Lengkaplah sudah objek wisata tersebut.

Pemasaran produk memerlukan media yang sesuai agar jangkauan yang didapat juga lebih luas. Anekan produk kerajinan dapat dengan mudah memasuki pasaran global ketika dia mampu bersaing di portal-portal online lainnya. Mengingat kerajinan merupakan salah satu produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), bagi kamu yang ingin memasarkan produk-produk seperti kerajinan dan semacamnya, kamu dapat menggunakan Aplikasi Titipku untuk membantu mempercepat pemasaran produkmu. Tidak hanya menyebarkan informasi terkait produk, akan tetapi para pengguna Aplikasi Titipku ini juga dapat melakukan transaksi secara langsung melalui aplikasi ini. Selain menghemat tempat, pastilah juga menghemat waktu untuk para calon pembeli. Ayo tunggu apa lagi, promosikan produkmu melalui Aplikasi Titipku dan nantikan transaksi-transaksi dari para pengunjung lapak onlinemu. Ayo belanja!
Previous Post
Next Post

0 komentar: