Senin, 11 November 2019

Petai Cina dan Santapan Menggiurkan


Image by Grid.ID


Lamtoro atau sering dijuluki petai cina merupakan tanaman dengan nama latin Leucaena leucocephala. Tanaman yang mempunyai habitat asli di Amerika ini sudah lama tersebar di Indonesia khususnya Pulau Jawa. Beberapa literatur menyebutkan, petai cina mengandung bahan antioksidan yang berfungsi menangani berbagai penyakit berbahaya seperti kanker. Beberapa pengobatan kemudian mulai menggunakan tanaman ini sebagai bahan pembuatan ramuan obat.

Terlepas dari penggunaannya sebagai obat herbal, ternyata petai cina bisa diolah menjadi masakan yang bercita rasa tinggi. Salah satunya botok petai cina. Olahan satu ini sudah menjadi masakan legend yang diminati keluarga Jawa khususnya. Sesuatu yang menjadikan masakan ini terasa jauh lebih nikmat karena adanya peran daun pisang dalam proses memasaknya. Daun pisang digunakan sebagai pembungkus botok petai cina dari awal sampai masakan matang.

Cara memasaknya cukup simpel dan mudah. Hal utama yakni siapkan seluruh bumbu dan bahan masakan yang nantinya dijadikan urapan atau dicampur dalam satu adonan. Bahan-bahan tersebut antara lain parutan kelapa, petai cina, tempe sebagai penambah cita rasa masakan, ebi atau ikan asin yang kecil-kecil, cabai, garam, dan gula. Langkah selanjutnya buat bumbu yang perlu dihaluskan yakni cabai, garam, gula, lalu campurkan bumbu tersebut dengan bahan-bahan lainnya. Setelah itu, masukan adonan tersebut dalam daun pisang. Cara membungkusnya sama halnya ketika kita membuat olahan nagasari. Langkah terakhir yakni dikukus. Pengukusan tidak memakan waktu yang cukup lama, hanya sekitar 30an menit saja.

Cita rasa pada botok petai cina ini memberikan aroma khusus yang menggiurkan ludah. Bagaimana tidak, rasa pedas, asin, dan gurih berpadu menjadi satu dalam balutan aroma daun pisang yang terkena panasnya asap pengukusan. Oalahan satu ini cocok dihidangkan dengan nasi dan juga gorengan atau kerupuk peyek.

Proses pengukusan yang cukup lama memang membuat kadar antioksidan yang terkandung di dalam petai cina berkurang. Namun, walaupun demikian petai cina tetap memiliki khasiat yang luar biasa. Oleh karena itu, hidangan botok petai cina yang lezat ini tentunya juga menjadi salah satu sajian yang baik untuk kesehatan tubuh.

Tanaman petai cina atau lamtoro dapat kita temui di pasar-pasar tradisional. Pasar tradisional juga menjual berbagai keperluan memasak lainnya. Jika tidak cukup waktu untuk berbelanja langsung ke pasar, kini kita dapat berbelanja online melalui Aplikasi Titipku. Aplikasi ini menyediakan berbagai produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Ayo belanja! Mari ciptakan resep-resep spesial masakan rumahan!
Previous Post
Next Post

0 komentar: