Senin, 11 November 2019

Lapar di Malam Hari? Jangan Khawatir Jogja Punya Solusi

Photo by James Sutton on Unsplash

Lagi-lagi seputar kuliner yang tidak ada habisnya bila diusut setiap hari. Bagaimanapun juga manusia adalah makhluk yang membutuhkan asupan makanan untuk dapat bertahan hidup. Begitupula dengan masyarakat Yogyakarta atau Jogja bahkan para pengunjung luar Jogja yang sekedar mampir untuk berwisata ke Kota Jogja.

Jogja merupakan kota pelajar yang dikerumuni banyak sekali pusat pendidikan dan pusat perbelanjaan maupun tempat-tempat nongkrong  lainnya. Tidak hanya itu, wisata kuliner malam juga banyak sekali kita temui di sepanjang jalan yang berada di Yogyakarta khususnya yang dekat dengan pusat pendidikan dan pusat perbelanjaan. Berbeda dengan kuliner siang lainnya, kuliner malam ini lebih didominasi oleh para pedagang lesehan di pinggir jalan.

Suasana makan di pinggir jalan pada siang dan malam hari akan terasa sangat berbeda. Kita akan merasakan kepulan polusi dari asap kendaraan bermotor pada siang hari. Namun, ketika malam tiba seolah polusi tersebut hilang dan tergantikan oleh udara segar malam hari. Padahal jika ditelisik ya tetap saja asap kendaraan itu ada. Hanya saja sugesti kita lebih kuat diatas itu sehingga seolah nampak segar saja udara di malam hari.

Sambil menikmati gemerlapnya lampu kota  Jogja, para pengunjung wisata kuliner malam akan disuguhkan dengan hidangan khas Jogja yang rasanya tak tergantikan dengan yang lain. Jogja terkenal dengan rasa yang manis untuk setiap kulinernya. Tak heran jika makanan yang disediakan di kuliner malam lebih dominan masakan manis dibandingkan dengan yang lain. Salah satunya yaitu gudeg Jogja.

Gudeg merupakan olahan makanan yang berbahan dasar nangka muda. Cara masaknya direbus seperti halnya memasak sayur lainnya. Hanya saja ketika memasak ditambahkan gula dan ditunggu sampai airnya hampir habis sambil gula tersebut larut dalam sayur nangka muda atau yang kemudian disebut gudeg. Gudeng cocok dihidangkan dengan sisiran daging ayam dan juga telur ayam yang di masak dengan direbus bumbu kecap. Bisa dibayangkan seperti apa rasa manis yang tercipta dari olahan kuliner malam Jogja ni. 

Gudeg menjadi salah satu produk hasil Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masyarakat Yogyakarta. Produk-produk UMKM dapat dengan mudah didapatkan via online melalui Aplikasi Titipku. Kita dapat berbelanja dengan leluasa melalui aplikasi ini. Barang akan ditransfer sesuai tempat tujuan yang kita isikan. Mudah bukan? Ayo belanja di Titipku!




Previous Post
Next Post

0 komentar: