Jumat, 29 November 2019

Bawang Merah, Solusi Handal Atasi Masuk Angin

Image by Hello Sehat

Sakit kepala kerapkali menjadi penghambat untuk segala aktivitas. Sakit ini biasa disebabkan karena tubuh yang meriang atau masuk angin. Rasa sakit yang terbiasa diabaikan ini lama-kelamaan juga akan mengganggu sistem kerja tubuh yang lain. Terlebih ketika kita disibukkan dengan aktivitas yang menuntut raga untuk bergerak. Tentu tidak nyaman, bukan? Saat seharusnya kita berjalan kesana kemari untuk menyelesaikan tugas demi tugas, akan tetapi justru tubuh rasanya ingin istirahat. Repotnya lagi jika kita harus mengeluarkan sedikit tenaga untuk berpikir saat kepala sedang dalam kondisi pening. Pekerjaan tidak ada yang selesai malah yang ada semua jadi terbengkalai.

Sakit kepala yang disebabkan oleh masuk angin memang suatu hal yang wajar. Orang biasanya akan mengoleskan berbagai minyak angin atau minyak aroma terapi lainnya ke bagian-bagian kepala seperti pelipis hingga leher. Tujuannya tidak lain untuk membantu meringankan sakit kepala yang menyerang. Sebenarnya obat-obatan memang mampu menyembuhkan sakit kepala secara instant, tapi terlalu banyak bahan kimia yang masuk dalam tubuh tentunya tidak baik untuk kesehatan jangka panjang. Alhasil, pengobatan-pengobatan tradisional menjadi alternatif untuk meredakan sakit kepala baik keseluruhan maupun sebagian.

Tahukah kamu ada bahan ampuh selain minyak angin dan aroma terapi untuk membantu mengurangi sakit kepala yang menyerang? Jika kamu tipikal orang yang suka rempah-rempah nusantara pasti kamu mengetahui hal tersebut. Ya, tentu saja. Bahan yang dimaksud adalah rempah-rempah yakni bawang merah. Mengapa bawang merah? Karena tanaman satu ini mampu membantu mengurasi masuk angin yang terjadi pada manusia. Berbagai literatur menunjukkan bahwa batang merah akan menghasilkan efek vasodilatasi ketika kita gosokkan ke bagian tubuh kita. Sebut saja kerokan. Efek tersebut berakibat pada peredaran darah dan efek menenangkan. Artinya, ketika kita menggunakan bawang merah sebagai alat untuk kerokan yang biasanya menggunakan uang logam, peredaran darah kita akan lancar dan tubuh menjadi tenang dan rileks. 

Penelitian tersebut dikuatkan dalam Phytotherapy Research yang dikutip dalam laman kompas.com, bahwa peredaran darah akan menjadi lancar ketika kita gunakan bawang untuk kerokan. Selain itu, bawang merah juga memiliki kandungan senyawa antikanker, antiplatelet, dan antibiotik. Ketiga kandungan tersebut dapat membantu menstabilkan kesehatan tubuh. 

Harga bawang merah relatif terjangkau di pasarana. Bawang merah dapat ditemukan di pasar-pasar tradisional bahkan swalayan besar sekalipun. Barang-barang dapur seperti bawang merah dan lainnya dapat dipesan melalui Aplikasi Titipku. Aplikasi ini tentunya meyediakan beranekaragam produk-produk masyarakat yang sering kita jumpai di pasaran.

Ayo jadikan bawang merah sebagai teman sehatmu!
Previous Post
Next Post

0 komentar: