Selasa, 19 November 2019

Jika Jepang Punya Kimono, Indonesia Juga Punya Ulos

Image by Pinterest
Pakaian merupakan satu dari tiga bahan kebutuhan primer lain yang harus dimiliki setiap manusia. Manusia dengan perkembangan kebudayaannya menjadikan pakaian sebagai salah satu ciri khas dari masing-masing daerahnya. Tak jarang kita temui adanya berbagai macam pakaian adat dari setiap daerah. Bahkan dalam satu negara pastilah akan banyak pakaian adat baik tradisional maupun gaya modern. Jepang merupakan salah satu negara dengan pakaian adat khasnya. Kehadiran pakaian adat tersebut menjadikan Jepang sebagai pemilik budaya yang indah dan penuh makna. Pakaian adat Jepang yang terkenal hingga manca negara adalah Kimono.

Kimono sering dikaitkan dengan pakaian-pakaian saat jaman kekaisaran. Namun, sampai saat ini di seluruh penjuru Jepang dapat mengenakan Kimono. Bahkan orang luar mengenalnya sebagai pakaian adat yang kemudian menjadikannya ciri khas dari peninggalan nyata sejarah kekaisaran yang ada di Jepang.

Jika Jepang punya Kimono, tentunya Indonesia tidak kalah menarik dalam hal pengembangan budaya daerah. Ulos merupakan bukti nyata pakaian adat yang dikenakan oleh masyarakat Indonesia khususnya di bagian barat. Benar, masyarakat Sumatera khususnya Sumatera Utara memiliki satu kain tradisional yang dijadikan sebagai ciri khas dari daerahnya atau seringkali kita sebut pakaian adat. Ulos  terdiri dari banyak bagian mulai dari hiasan kepala hingga hiasan kaki. Layaknya Kimono yang dilengkapi dengan hiasan di kepala hingga sandal yang khas ketika menggunakan Kimono tersebut.

Ulos merupakan pakaian adat yang digunakan saat upacara pernikahan berlangsung. Bisa juga dipakai saat mengadakan kegiatan-kegiatan keagamaan atau tradisi lainnya. Untuk keperluan pernikahan tentunya Ulos terdiri dari satu pasang set pakaian untuk kedua mempelai. Perbedaan keduanya antara laki-laki dan perempuan terletak pada kepala. Laki-laki akan mengenakan kuluk, sedangkan perempuan mengenakan hiasan keemasan. Perbedaan lain pada jenis baju yang dikenakan. Laki-laki mengenakan baju kocak musang, sedangkan perempuan mengenakan baju kurung.

Ciri khas lain yang mendasari keduanya adalah kain songket. Kain ini merupakan kain khas masyarakat Sumatera yang kemudian digunakan sebagai pakaian adat. Ulos memiliki daya magis yang tinggi. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, khususnya berasal dari masyarakat Batak Karo menjadikan pakaian adat ini sebagai ajimat.

Aneka jenis kain saat ini banyak tersebar di pasaran. Kita tidak perlu datang ke tempat aslinya untuk membelinya melainkan dapat menjangkau dalam jarak jauh atau seringkali kita sebut online. Jika kamu ingin membeli berbagai macam kain yang merupakan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masyarakat, kamu dapat membelinya lewat Aplikasi Titipku. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam produk UMKM yang menjadi kebutuhan masyarakat. Ayo belanja di Titipku!

Previous Post
Next Post

0 komentar: